Senin, 30 April 2012

fakta tarantula dari kaskus..

1. Mereka laba-laba berbulu besar disebut tarantula. Nama mereka berasal dari pelabuhan Taranto (Italia selatan). Penduduk setempat berkorelasi dengan kejang-kejang dan melompat tak terkendali dari korban gigitan tarantula ke pesta dansa lokal Tarantella, dan karenanya nama laba-laba. Secara biologis, mereka termasuk

dalam keluarga Theraphoside dan terdiri dari sekitar 800 spesies, ditemukan di semua benua, kecuali Antartika.


2. Ini adalah sejauh laba-laba terbesar. Spesies terbesar adalah Goliat laba-laba pemakan burung (Theraphosa blondi). Ia tinggal di hutan hujan Amerika Selatan; tarantula ini memiliki rentang kaki hingga 30 cm (12 in) dan beratnya bisa mencapai 120 gram (sebanyak 2 tikus). Laba-laba yang paling berat sekitar 2 gram! Dan yang paling lain tarantula sekitar 7 gram. Mereka adalah spesies menggali dalam-dalam yang sangat dihargai di masakan lokal. Tarantula juga dianggap lezat di banyak tempat di Afrika dan Asia (seperti Thailand). Aborigin Australia mempertimbangkan makanan lezat laba-laba terbesar di Australia, laba-laba menggonggong (Selenocosmia crassipes), tarantula.



3. Meskipun begitu besar, tarantula tidak membuat daftar laba-laba mematikan seperti racun mereka lemah. Mereka takut bukan karena taring besar mereka, 1-2,5 cm (0,4-1 in) panjang. Gigitan tarantula telah dibandingkan dengan tawon. Laba-laba dengan racun mematikan milik lebih kepada keluarga lain dan jauh lebih kecil dari tarantula, laba-laba janda seperti hitam. Yang disebut web tarantula corong (Atrax) dari Australia, yang memiliki racun mematikan bagi rakyat, tidak tarantula yang tepat (mereka tidak termasuk keluarga Theraphosidae). Sementara itu, laba-laba kecil, seperti laba-laba Black Widow (Latrodectus) memiliki racun 15 kali lebih kuat daripada ular tersebut.



4. Tarantula Wens sutra tenun sekitar wilayah mereka, yang bukan menangkap mangsa, berfungsi untuk sinyal keberadaan mangsa. Serat panjang mengirimkan sinyal yang diterima oleh rambut-rambut sensoris pada kaki tarantula. Laba-laba besar memiliki 8 mata, namun ketajaman visual mereka adalah lemah. Sutra juga digunakan untuk melindungi telur mereka dan menyembunyikan sarang mereka. Sutra lengket di kaki mereka digunakan ketika berjalan di permukaan vertikal yang licin.



5. Teknik perburuan tarantula adalah untuk tinggal dan menunggu di dalam liang mereka dan untuk menyerang dengan cepat ketika mereka mendeteksi keberadaan mangsa. Sebagian besar mangsa dari tarantula terbuat dari jangkrik, kumbang, belalang, kupu-kupu dan laba-laba lainnya, tetapi mereka juga bisa makan burung kecil, tikus, ular kecil dan amfibi. Seperti semua laba-laba, tarantula tidak bisa makan makanan padat. Ini harus menyuntikkan cairan pencernaan menjadi mangsa, maka mengisap "sup" yang dihasilkan.


6. Umur panjang dari tarantula naik menjadi 5-10 tahun. Cukup lama bagi seekor laba-laba!


7. Seperti di laba-laba lain, tarantula wanita cenderung makan laki-laki setelah kimpoi. Dia meletakkan sekitar 2.000 telur yang inkubasi berlangsung 1-3 bulan. Sebagian besar anak muda dikonsumsi oleh predator di tahun-tahun pertama kehidupan. Musuh yang paling mengerikan dari tarantula adalah elang tarantula (Pepsis), sebuah spesies tawon. Serangga ini melumpuhkan laba-laba besar, transportasi ke liang sendiri dan segel pintu masuk dengan berlayar. Tawon meletakkan telur-telurnya ke dalam tubuh tarantula lumpuh, dan larva tawon mengkonsumsi tarantula saat masih hidup! Banyak reptil, burung dan mamalia (termasuk manusia, sebagaimana telah disebutkan) memanjakan diri dengan tarantula. Saat ini, spesies tarantula banyak diancam oleh pertanian, industri, deforestasi, kebakaran dan eksploitasi yang berlebihan (untuk makanan atau perdagangan hewan peliharaan).

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More