Change or Die!

Change or Die!
Berubah atau Mati!
“Sometimes it’s the smallest decisions that can change your life forever.”
“Kadang keputusan terkecillah yang mengubah hidup kita selamanya.”
—Keri Russel —


Pernahkah Anda melihat seekor elang perkasa meliuk-liuk di atas udara? Apa yang Anda pikirkan mengenai binatang yang satu ini? Tentu terlintas pikiran bahwa elang adalah penguasa langit yang diberi kodrat dari Sang Pencipta unruk menjadi “raja” di udara. Terbukti elang dikaruniai umur yang paling panjang jika dibandingkan saudara-saudara unggas lainnya.
Seekor elang dewasa mampu bertahan hidup sampai umur 70 tahun. Namun, tahukah Anda bahwa setiap elang dewasa yang memasuki usia ke-40 harus membuat keputusan yang berat dalam hidupnya? Suatu perubahan besar menanti dan keputusan besar harus mampu ia ambil.

Hal ini terjadi akibat paruhnya tidak mampu lagi menangkap mangsa. Paruh sang elang menajdi kepanjangan dan bengkok ke dalam hingga hampir menyentuh dada. Demikian juga cakarnya yang menua mengakibatkannya sulit mencengkeram mangsa. Hal lain yang terjadi dengan berjalannya usia adalah bulu elang yang bertambah lebat dan berat sehingga sang elang sulit terbang tinggi.
Hanya ada dua pilihan berat yang harus dipilihnya, mati kelaparan atau menjalani proses perubahan yang sangat menyakitkan selama 150 hari. Proses ini mengharuskan ia terbang ke atas puncak gunung yang tinggi untuk memulai proses perubahan.
Pertama, elang harus menghantam paruhnya berkali-kali pada batu sampai terlepas dari mulutnya. Setelah paruh terlepas, sang elang harus menunggu sampai paruh barunya tumbuh kembali. Proses kedua, sang elang juga harus mencabut cakarnya yang sudah menua untuk membiarkan tumbuhnya cakar yang baru. Proses terakhir adalah mencabut satu per satu bulu di sekujur tubuhnya. Inilah proses yang panjang dan menyakitkan yang harus ia jalani selama lima bulan. Berkat proses inilah elang mampu hidup 30 tahun lebih lama.
Pernahkah Anda harus mengambil keputusan yang berat untuk berubah dalam kondisi yang sangat sulit? Anda mungkin perlu membuang kebiasaan-kebiasaan yang telah lama mengekang hidup Anda. Kebiasaan-kebiasaan yang sekilas tidak mengganggu, santai, menyenangkan, dan tidak memaksa Anda untuk keluar dari kenyamanan, tetapi Anda harus menggantikannya dengan kebiasaan yang memaksa Anda berpikir keras, bekerja lebih keras, menjalani tantangan yang berat. Namun, pilihan kita yang kedua ini menjanjikan masa depan yang lebih cerah.
Perubahan itu akan datang dan bersiaplah untuk berubah. Semakin lama Anda menolak untuk berubah, semakin sulit bagi Anda untuk bangkit. Semuanya bergantuung pada kita sendiri!
(diambil dari buku Amazing You! Resep Rahasia Kehidupan Luar Biasa karya dr.Andhyka P.Sedyawan—halaman 248)

Komentar

Postingan Populer