Ukhuwah

Ukhuwah
Bismillahirrohmaanirrohiim,
Alloh mengutus Rosululloh saw. Sebagai pemberi petunjuk, pembimbing, pengajar, penebar kedamaian, pemersatu, dan bukan pemecah-belah.
Ketika Rosululloh datang, umat ini menjadi bersatu di atas agama yang satu, yakni Islam yang diridhoi-Nya.
“Dan berpeganglah kamu sekalian kepada tali (agama) Alloj dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Alloh kepadamu ketika dahulu kamu bermusuh-musuhan, maka Alloh mempersatujan hati-hatimu, dan dengan nikmat Alloh-lah kamu menjadi orang-orang yang bersaudara” – ali Imran 103.
Betapa mahalnya ukhuwah ini!
“Dan Dia (Alloh) yang mempersatukan hati-hati mereka (kaum mukmin). Seandainya kamu membelanjakan dunia dan seisinya, niscaya kamu tidak akan dapat mepersatukan hati mereka, akan tetapi Alloh-lah yang mempersatukan hati mereka.” – al-Anfal 63.
Ukhuwah adalah ikatan jiwa yang melahirkan perasaan kasih sayang, cinta, dan penghormatan yang mendalam terhadap setiap orang dimana keterpautan itu ditautkan oleh ikatan aqidah.
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu saudara” – al-hujurat 10.
“Seorang mukmin terhadap mukmin lainnya dalah laksana bangunan yang saling menguatkan bagian satu dengan bagian lainnya” – HR. Bukhari dan Muslim.
Manfaat Ukhuwah:
  1. Mendapatkan rasa manis iman
“Tiga perkara yang barangsiapa mendapatinya, dia akan merasakan manisnya iman, yaitu dia mencintai Alloh dan Rosul-Nya melebihi daripada kecintaan kepada selain keduanya, dia mencintai saudaranya, dan tidaklah mencintainya melainkan karena Alloh, dia membenci untuk kembali kepada kekufuran sebagaimana dia membenci untuk dilemparkan ke dalam an-Naar” – HR. Bukhari dan Muslim
  1. Alloh akan melindungi dan menaungi pada hari Kiamat
  2. Mencintai karena Alloh akan mendatangkan iman yang kemudian akan menghantarkannya ke surga
“Kalian tidak akan masuk al-jannah sampai kalian beriman. Dan kalian belum dikatakan beriman sampai kalian saling mencintai … “ – HR. Muslim
  1. Ukhuwah akan melahirkan akhlaq mulia
  2. Ukhuwah akan memperkokoh kekuatan kaum muslimin sehingga akan terwujudlah kejayaan Islam.

Komentar

Postingan Populer