This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sabtu, 25 Agustus 2012

Jazzyra dan Zahra Bagian 1


Jazzyra dan Zahra
Bagian 1 – because we are different

“Selamat, Anda diterima!”
Informasi singkat yang memancing kabahagiaan bagi siapapun yang mendapatkannya. Hari ini adalah hari pengumuman hasil SNMPTN. Kebahagiaan melingkupi hati Jazzyra. Dokter! Ya, impiannya semakin dekat untuk ia raih. Beribu ucapan syukur tak henti tersembul dari lidah sang ibu, bahagia mendapati kabar bahagia ini. Lantas bagaimana dengan Zahra?
“Alhamdulillah ya, dua bidadari ibu siap jadi tokoh peduli sesama.” Ujar Ummi sambil memeluk kedua putrinya bersamaan, Jazz dan Za.

Rabu, 22 Agustus 2012

Kisah Ashabul Kahfi – Misteri #part3


Tamlikha berhenti sejenak memandang bendera itu sambil mengusap-usap mata, lalu berkata seorang diri, 'Kusangka aku ini masih tidur!' Setelah agak lama memandang dan mengamat-amati bendera, ia meneruskan perjalanan memasuki kota. Dilihatnya banyak orang sedang membaca Injil. Ia berpapasan dengan orang-orang yang belum pernah dikenal. Setibanya di sebuah pasar ia bertanya kepada seorang penjaja rot, 'Hai tukang roti, apakah nama kota kalian ini?' 'Aphesus,' sahut penjual roti itu.
'Siapakah nama raja kalian?' tanya Tamlikha lagi. 'Abdurrahman,' jawab penjual roti.
'Kalau yang kau katakan itu benar,' kata Tamlikha, 'urusanku ini sungguh aneh sekali! Ambillah uang ini dan berilah makanan kepadaku!'

Kisah Ashabul Kahfi – Misteri #part2


Tiap hari setelah raja duduk dalam serambi istana dikerumuni oleh semua hulubalang dan para punggawa, masuklah tiga orang pelayan menghadap raja. Seorang diantaranya membawa piala emas penuh berisi wewangian murni. Seorang lagi membawa piala perak penuh berisi air sari bunga. Sedang yang seorangnya lagi membawa seekor burung. Orang yang membawa burung ini kemudian mengeluarkan suara isyarat, lalu burung itu terbang di atas piala yang berisi air sari bunga. Burung itu berkecimpung didalamnya dan setelah itu ia mengibas-ngibaskan sayap serta bulunya, sampai sari-bunga itu habis dipercikkan ke semua tempat sekitarnya.

Kisah Ashabul Kahfi – Misteri #part1



Bismillahirrohmaanirrohiim.
"(Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung kedalam gua lalu mereka berdoa, "Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)." (QS al-Kahfi:10).

Dengan panjang lebar kitab Qishashul Anbiya mulai dari halaman 566 meriwayatkan sebagai berikut:
Dikala Umar bin Khattab memangku jabatan sebagai Amirul Mukminin, pernah datang kepadanya beberapa orang pendeta Yahudi. Mereka berkata kepada Khalifah, "Hai Khalifah Umar, anda adalah pemegang kekuasaan sesudah Muhammad dan sahabatnya, Abu Bakar. Kami hendak menanyakan beberapa masalah penting kepada anda. Jika anda dapat memberi jawaban kepada kami, barulah kami mau mengerti bahwa Islam merupakan agama yang benar dan Muhammad benar-benar seorang Nabi. Sebaliknya, jika anda tidak dapat memberi jawaban, berarti bahwa agama Islam itu bathil dan Muhammad bukan seorang Nabi.

Senin, 20 Agustus 2012

Kisah Rasulullah dan Pengemis Yahudi Buta


Di sudut pasar Madinah Al-Munawarah seorang pengemis Yahudi buta hari demi hari apabila ada orang yang mendekatinya ia selalu berkata “Wahai saudaraku jangan dekati Muhammad, dia itu orang gila, dia itu pembohong, dia itu tukang sihir, apabila kalian mendekatinya kalian akan dipengaruhinya”. Setiap pagi Rasulullah SAW mendatanginya dengan membawa makanan, dan tanpa berkata sepatah kata pun Rasulullah SAW menyuapi makanan yang dibawanya kepada pengemis itu walaupun pengemis itu selalu berpesan agar tidak mendekati orang yang bernama Muhammad. Rasulullah SAW melakukannya hingga menjelang Beliau SAW wafat. Setelah kewafatan Rasulullah tidak ada lagi orang yang membawakan makanan setiap pagi kepada pengemis Yahudi buta itu.

Kisah Umar Ibn Al-Khothob

Malam telah pekat, selimut-selimut semakin dirapatkan para pemiliknya untuk menambah lelap. Angin sahara menderu akrab ditelinga, dingin menusuk, kesunyian hadir sejak tadi. Dia mengendap-endap keluar dari petak rumah sederhana, menyusuri setiap lorong perkampungan Madinah. Jubah kumal bertambalan itu menemaninya pergi. Ditajamkannya pendengaran, adakah rakyatnya menyelami derita yang luput dari perhatian. Diawaskannya mata, terdapatkah rakyat alami duka akibat kepemimpinannya. Jika dia berlalu dan mendengar dengkuran halus pemilik rumah, senyuman menemaninya berpatroli.

7 Wonders of the World


Sekelompok murid ditugaskan untuk membuat daftar tentang segala sesuatu yang mereka anggap sebagai tujuh keajaiban dunia. Meskipun terjadi beberapa ketidaksepakatan, namun kebanyakan murid membuat daftar sebagai berikut:
1.      Piramid di Mesir
2.      Taj Mahal
3.      Grand Canyon
4.      Terusan Panama
5.      Empire State Building
6.      St. Peter’s Basilica
7.      Tembok Cina

Sabtu, 18 Agustus 2012

Alhamdulillah Kita Dipertemukan Lagi, Khalida...



Dengan menyebut nama Allah
Jalani hidupmu
Yakinkan niatmu
Jangan pernah ragu

Dengan menyebut nama Allah
Bulatkan tekadmu
Menempuh nasibmu
Kemanapun menuju


Serahkanlah hidup dan matimu
Serahkanlah pada Allah semata
Serahkanlah duka gembiramu
Agar damai
Senantiasa hidupmu





Kisah Cinta Abu Bakar ash-Sidiq


“Wahai Rasul Allah, jika mereka melihat ke kaki-kaki mereka, sesungguhnya mereka pasti melihat kita berdua”. Rasulullah memandang Abu Bakar penuh makna. Ditepuknya punggung sahabat dekatnya ini pelan sambil berujar “Janganlah engkau kira kita hanya berdua. Sesungguhnya kita bertiga, dan yang ketiga adalah Dia, yang menggenggam kekuasaan maha, Allah”.

Ketika Rasulullah berada di hadapan,
Ku pandangi pesonanya dari kaki hingga ujung kepala
Tahukah kalian apa yang terjelma?
Cinta!
(Abu Bakar Shiddiq r.a)


Jumat, 17 Agustus 2012

Kemajuan Peradaban Islam Di Spanyol #part 2






2. Kemegahan Pembangunan Fisik
Aspek-aspek pembangunan fisik yang mendapat perhatian ummat Islam sangat banyak. Dalam perdagangan, jalan-jalan dan pasar-pasar dibangun. Bidang pertanian demikian juga. Sistem irigasi baru diperkenalkan kepada masyarakat Spanyol yang tidak mengenal sebelumnya. Dam-dam, kanal-kanal, saluran sekunder, tersier, dan jembatan-jembatan air didirikan. Tempat-tempat yang tinggi, dengan begitu, juga mendapat jatah air.

Kemajuan Peradaban Islam Di Spanyol #part 1


Bismillahirrohmaanirrohiim.

Berawal dari – kengileran – pasca baca buku “99 Cahaya Islam di Langit Eropa”, langsung nge-tag Andalusia sebagai kota yang mau banget-nget-nget disinggahi. Untuk saat ini mungkin terasa tidak mungkin, tapi mengapa pesimis? Bukankah semua yang ada adalah milik Alloh? Kalau kata Alloh bisa ke sana, ya apa susahnya bagi Alloh. Hihihi. Insya Alloh, pengen ke sana, waktunya dan diizinin engganya ya gimana Alloh deh.. hihihi.

Ah, sebelum bisa menapaki kaki di sana, pengen dulu deh cari tau tentang Andalusia, Cordoba, dan Granada. Langsung cari info sana-sini, dan Alhamdulillah dapet postingan di salah satu akun kompasiana. Oke, let’s caw!

The Sword of Alloh ; Khalid ibn Al-Walid


Bismillahirrohmaanirrohiim.

Khalid bin Walid adalah seorang panglima perang yang termasyhur dan ditakuti di medan tempur. Ia mendapat julukan "Pedang Allah yang Terhunus". Dia adalah salah satu dari panglima-panglima perang penting yang tidak terkalahkan sepanjang karirnya.

Khalid termasuk di antara keluarga Nabi yang sangat dekat. Maimunah, bibi Khalid, adalah istri Nabi. Dengan Umar sendiri pun Khalid ada hubungan keluarga, yakni saudara sepupunya. Suatu hari pada masa kanak-kanaknya kedua saudara sepupu ini main adu gulat. Khalid dapat mematahkan kaki Umar. Untunglah dengan melalui suatu perawatan kaki Umar dapat diluruskan kembali dengan baik.

Kamis, 16 Agustus 2012

Adil Membagi Waktu


Tausiyah Aa Gym: Adil Membagi Waktu

"Sebaik-baik manusia adalah yang diberi umur panjang dan baik amalnya. Dan sejelek-jelek manusia adalah yang diberi umur panjang dan jelek amalnya." (HR Ahmad)


Bismillahirrohmaanirrohiim

Saudaraku, Islam sangat menaruh perhatian terhadap waktu. Dalam Alquran, bertebaran ayat-ayat yang berhubungan dengan waktu. Bahkan, berkali-kali Allah SWT bersumpah atas nama waktu. Misalnya di awal QS Al-Ashr [103], Al-Lail [92], Adh-Dhuha [93], dsb. Hal ini menandakan betapa pentingnya waktu dalam kehidupan manusia.

♫ Obat Hati ♫




Selasa, 14 Agustus 2012

Indahnya Berbagi Bersama Anak-Anak Wijaya Kusuma


14 Agustus 2012


Bismillahirrohmaanirrohiim
Inilah rangkaian kedua sekaligus rangkaian terakhir dari agenda ramadhan KWACI UNPAD. Hari ini agendanya adalah Buka Bersama Anak-Anak Panti Asuhan Wijaya Kusuma.
Meskipun agenda kumpulnya jam 13.00, tapi Dilla keluar rumah jam 10.00. Ada sedikit tragedi yang bikin sedih sih. Oke, Dilla ceritain, semoga bisa diambil hikmahnya (kalau ada ya).
Dari jam 09.00 udah gresak-grusuk beres-beres nyiapin alat buat acara hari ini. Laptop, charger, plakat, hadiah, juklak, dan uang buat bayar kuliah. Jam 09.30 hape tiba-tiba error, dan fiks gak bisa ngejarkom. Aah, bingung duluan, terus mamah nyuruh apa gitu (lupa), dengan muka bingung dan tanpa senyum Dilla menunaikan tugas mamah. Lantas langsung ngecek hape lagi. Sambil ngecek, coba dilihat walaupun gak ngerti, mamah nanya acaranya ngapain aja. Aku jawab seperlunya.

Senin, 13 Agustus 2012

Tak Selamanya Niat Baik Ditangkap Baik yaa


13 Agustus 2012


Bismillahirrohmaanirrohiim
Sejak pulang tanggal 09 Agustus 2012, nyaris tiap siang gak ada di rumah. Agak sedih sih. Tapi ya, bingung juga.
Hari ini! Ya, setelah melakukan rapat lalala-yeyeye dan berbagai persiapan, hari ini adalah hari pertama dari rangkaian tugas KWACI UNPAD. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya “saur on the road” dihapuskan dan diganti dengan “tajil on the road”.
Jam 16.00 Imam and the geng’s kumpul di Mesjid Agung Cianjur. Setelah briefing dan mengecek berbagai persiapan, jam 17.30 pasukan disebar sesuai komando. Kebetulan Dilla dapet tim bareng teh Intan, teh Nira, dan Ikram.

Rabu, 08 Agustus 2012

Aisyah ra :)

dari sebuah blog...

Seorang gadis kecil periang berumur sembilan tahun sedang gembira bermain-main dengan teman-temannya. Rambutnya awut awutan dan mukanya kotor karena debu. Tiba-tiba beberapa orang yang sudah agak tua muncul dari sebuah rumah di dekat situ dan datang ke tempat anak-anak tadi bermain-main.
Mereka lalu membawa anak gadis itu pulang, memberinya pakaian yang rapi, dan malam itu juga, gadis itu dinikahkan dengan laki-iaki paling agung di antara manusia, Nabi ummat Islam. Suatu penghormatan paling unik yang pernah diterima seorang wanita. Aisyah adalah salah seorang putri tersayang Sayidina Abu Bakar ra, sahabat Nabi yang setia, yang kemudian menggantikan Nabi sebagai Khalifah Islam yang pertama.

Khadijah, :')

reblog dari: halwahati


Khadijah radiallahu anha itu seorang yang lagenda. Kewanitaannya begitu sempurna. Dia solehah, jelitawan, bijaksana lagi bangsawan. Allah sahajalah yang mengetahui hikmah menjadikan manusia pertama yang beriman kepadaNya selepas Rasulullah saw sendiri, ialah seorang wanita. 
.
Di bahu Khadijah tersandang amanah yang sangat berat, iaitu menjadi zaujah (pasangan hidup) kepada seorang Nabi, yang terpaksa menghadapi segala macam penentangan dan bahaya, demi menyampaikan firman Tuhannya. Pasti bukan senang menjadi Khadijah. Namun imannya kepada Allah, cintanya kepada suami, tiada pernah berbelah bahagi, ketika dalam bahagia atau derita, dalam tangis dan dalam tawa.

Minggu, 05 Agustus 2012

Buka Bersama KWACI UNPAD @ Kampung Uda


05 Agustus 2012


Bismillahirrohmaanirrohiim

Minggu! Ah, akhirnya bisa merasakan pagi gabut di kosan. Alhamdulillah. Eh, gak gabut deh, masih ada tugas jarkom anak-anak KWACI UNPAD buat acara bukber sore ini. Sambil lanjut baca buku “Jalan Cinta Para Pejuang” yang bari dicicil kemaren, Dilla ngejarkom dan memastikan maba-maba yang mau dateng acara bukber.
Mau cerita dikit tentang buku yang dibaca nih. Pas baca, ah.. bener-bener speechless. Ada sedikit yang menjadi poin perhatian. Bagaimana seorang Khadijah mencintai Rosul dan mencoba membuat Rosul yakin atas ke-rosul-annya, bagaimana Khadijah benar-benar mencintai Muhammad shollohu ‘alaihi wassalam di tengah gunjingan umat. Yeah! Khadijah is the true love of Muhammad!
Di sisi lain, sepeninggal Khadijah, ada ‘Aisyah, gadis ceria dan periang yang mewarnai hari-hari Rosul. ‘Aisyah yang sangat mencintai Rosul hingga sering terjebak dalam kecemburuannya sendiri. ‘Aisyah yang bergelar Ummul Mukminin, bagaimana ‘Aisyah memperlakukan Rosul, bagaimana ‘Aisyah mencintai Rosul, bagaimana Aisyah menjadi pendengar dan saksi hadist-hadist Rosul. Ah, beliau terlalu luar biasa hingga sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Sabtu, 04 Agustus 2012

Kang Yori ; Comic Stand Up Comedy versi GALAU


04 Agustus 2012


Bismillahirrohmaanirrohiim
Hari ini hari pertama MABIM! Tak perlu cerita tentang bagaimana persiapan panitia, entar dapat sanksi KOMDIS, hahaha.
Shift pagi! Maksudnya dari pagi sampe jam 13.00 dapet tugas buat penilaian maba. Sambil melakukan penilaian, agak curi waktu buat baca buku nih. Yup! Buku “Jalan Cinta Para Pejuang”-nya Salim A Fillah. Keren banget bukunya! Wajib baca! (wajib???) Oke skip!
Dari materi yang disajikan, seneng denger pengalaman super duper luar biasa dari Prof. Sidik. Temen-temen tau pakar herbal Indonesia saat ini yang wajah dan namanya muncul di iklan Kiranti? Itulah beliau. Hampir aja lalat masuk mulut saking terpesonanya denger kisah beliau. Hiks.
Hari ini fiks sampe magrib! Tapi hari ini ada acara buka bersama dengan senior BPK Kemafar Unpad yang fiks udah pada dapet ekor esfarrm (maksudnya senior yang udah lulus sarjana). Akhirnya setelah buka dan sholat magrib, pergi ke Jatos dianter Dita (makasih Dita...)

Jumat, 03 Agustus 2012

Lubang Katak


03 Agustus 2012


Bismillahirrohmaanirrohiim
Hari ini memang bukan saatnya merasakan empuknya kasur, pagi ini ada jadwal kumpul PK (Pembimbing Kelompok) untuk melakukan pengelompokan lebih lanjut. Huaaa.
Arboretum! Yah, pasti anak UNPAD tau tempat ini. Tempat yang bisa bikin lupa kalau kita – sedang ada di kampus – hahaha. Hari ini pengelompokkan mahasiswa baru harus final hari ini! Kenapa? Soalnya besok udah mulai mabim, dan maba-maba (mahasiswa baru bukan mahasiswa basi) mesti udah dapet kelompok.
Dilla pikir simpel ya nentuin kelompok, ternyata lumayan ribet. Banyak penilaian lalala-yeyeye, dan berbagai pertimbangan. Alhamdulillah, finally pas dzuhur udah rampung! Alhamdulillah. Tapi belum bisa pulang, masih ada rapat penjelasan mekanisme dan teknis acara besok. Oke,, rapat dulu dikit setelah sholat dzuhur gak masalah lah ya.

Kamis, 02 Agustus 2012

Apakah ini Liburan Perdana?


02 Agustus 2012


Bismillahirrohmaanirrohiim.
Benar-benar tidak bisa merasakan – indahnya liburan – di semester ini. Tapi apa mau dikata? Bukankah ini konsekuensi yang dipilih dari sebuah komitmen?
Pagi-pagi mulai gabut di kosan. Aha! Dilla lupa kalau Dilla belum sempet baca buku-buku yang udah ngemis-ngemis sambil ngesot buat dibaca. Dan buku yang jadi incaran pertama adalah buku “Menjadi Muslimah Bahagia Sepanjang Masa” yang Dilla dapet 2 Juli lalu. Hah? Sebulan nganggur ini buku? Maaf ya buku...*pukpukpuk.
Hari ini – quality time with the book - . Buku ini isinya pesan-pesan Rosululloh kepada kaum perempuan – ukhti - , disampaikan dengan bahasa yang ringan dan beberapa kisah yang bikin nangis cabe (lebay amat sih). Walaupun secara keseluruhan berisi pesan bagaimana menjadi seorang – istri - , dan walaupun agak sedikit risih bacanya, tapi ini ilmu. Ya, gak perlu tutup mata, bentar lagi usiaku kepala dua, bukan berati udah kepikiran mau nikah, tapi baca ilmu tentang etika seorang muslimah seperti apa jelas bukan sebuah kesalahan.

Rabu, 01 Agustus 2012

Ini Harinya Anak UNPAD!


01 Agustus 2012

02.00 alarm berbunyi. Ditta – my sleepingbagmate masih tertidur. Huaa. Sebenernya masih berat mata ini, tapi ya tetep harus maksain - seger - .
Setelah Ditta bangun, Dita juga bangun. Haha. Ada duo Dit(t)a di sini. Yang satu double - t - , yang satu single – t – (macem DNA aja, single strain and double strain! Ah! Ngapain nginget BIOMOL lagi Dil? Udahan ujiannya juga, hahaha). Lantas kami pergi untuk cuci muka dan ganti kostum. Ya, - cuman cuci muka -. No shower, no make up, no dong! Eh, tapi tetep gosok gigi (ya kali gak gosok gigi, kan sahur cuy!) Dan alhamdulillah masih kece – wal ‘afiat, yah.. emang kece udah kutukan dari lahir sihh, hihihi.
Selepas sahur dan – cukup kumur saja – , akhirnya ada rapat terakhir menjelang acara H-3jam. Setelah persiapan lalala-yeyeye, dan setelah sholat subuh, langsung plotting panitia dan moving. Huaa, dapet tugas jagain mushola! Dan beneran banyak banget maba yang belum sholat subuh tapi udah nyubuh dateng ke kampus. Dan bener-bener rempong! Mereka dianterim orang tua, mana orang tuanya nanya macem-macem. Mulai dari nanyain acaranya sampe jam berapa, ngapain aja, anak saya ntar diapain, ada peloncoan apa engga, anak saya dimarahin apa engga, teteh angkatan berapa, jurusan apa, nanya nomer hape (buat apa bu?), nanyain ospek fakultas yang jelas-jelas aku gak tau (kan ospek fakultas gimana sukanya pihak fakultas). Ah, macem-macem, mana antre, banyak yang kebelet, mana panitia gak bolhe keluarin hape, mana maba yang udah sholat malah pada nongkrong dulu. Macem apa aja gitu ya nongkrong di depan Bank BNI kampus, hahaha.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More